BAB 4 : MAMPU MEMAHAMI DAN MENJELASKAN MENGENAI DEFINISI MANAJEMEN DAN BISNIS GLOBAL

 Nama : Eva Meilia

NIM : 222010200075


Manajemen 5/A2


Perusahaan seperti McDonald's, Microsoft, Apple, dan Starbucks telah menemukan pasar internasional sebagai area yang menguntungkan untuk pertumbuhan. Namun, perusahaan terkadang tersandung ketika mereka mencoba berekspansi ke luar negeri. Home Depot pertama kali membuka dan kemudian menutup puluhan toko di Cina, misalnya, karena biaya tenaga kerja di sana sangat rendah sehingga hanya sedikit pemilik rumah yang tertarik dengan proyek "lakukan sendiri".


pasar pasar dunia :

Manajer yang terlibat dalam bisnis internasional perlu memiliki pemahaman yang mendalam tentang ekonomi global, termasuk pasar-pasar utama dunia. Bagian ini membahas beberapa perbedaan ekonomi mendasar di antara negara-negara berdasarkan kekayaan dan kemudian membahas beberapa pasar internasional utama di dunia


perjanjian perdagangan dan afiliasi

Berbagai perjanjian hukum telah memicu perdagangan internasional dan membentuk lingkungan bisnis global. Hampir setiap negara memiliki perjanjian perdagangan formal dengan negara lain.perjanjian adalah perjanjian hukum yang menentukan bidang-bidang di mana negara-negara akan bekerja sama satu sama lain.


organisasi perdagangan dunia :

Tujuannya adalah untuk mengurangi atau menghilangkan hambatan perdagangan, seperti tarif dan kuota. Hal ini dilakukan dengan mendorong negara-negara untuk melindungi industri dalam negeri dalam batas-batas yang disepakati dan untuk terlibat dalam negosiasi multilateral. GATT terbukti relatif berhasil. Jadi, untuk lebih mempromosikan globalisasi, sebagian besar negara di dunia bergabung untuk menciptakanOrganisasi Perdagangan Dunia (WTO),yang dimulai pada tanggal 1 Januari 1995.


perdagangan Internasional :

Ekonomi global pada dasarnya didefinisikan oleh perdagangan internasional. Perdagangan internasional terjadi ketika pertukaran yang melibatkan barang, jasa, dan/atau mata uang terjadi lintas batas negara. Meskipun perdagangan internasional memiliki banyak keuntungan, perdagangan internasional juga dapat menimbulkan masalah jika impor dan ekspor suatu negara tidak menjaga keseimbangan yang dapat diterima.

manajemen bisnis Internasional

Bisnis internasional sangat menantang karena tugas manajemen dasar—perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian—jauh lebih sulit ketika perusahaan beroperasi di pasar yang tersebar di seluruh dunia. Mengelola berarti membuat keputusan. Di bagian ini, kami mengkaji tiga keputusan dasar yang harus dibuat perusahaan saat mempertimbangkan globalisasi.

mengukur permintaan Internasional

Dalam mempertimbangkan ekspansi internasional, sebuah perusahaan harus menentukan apakah ada permintaan untuk produknya di luar negeri. Produk yang sukses di satu negara mungkin tidak berguna di negara lain. Bahkan ketika ada permintaan, iklan dan promosi mungkin masih perlu disesuaikan.


outshorshing dan offshorshing



Pengalihdayaan,praktik membayar tunjangan tang dan distributor untuk menjalankan proses bisnis tertentu atau menyediakan bahan atau layanan yang dibutuhkan, telah menjadi pilihan populer untuk go international. Hal ini menjadi sangat populer karena

 (1) membantu perusahaan fokus pada aktivitas inti dan menghindari teralihkan pada aktivitas sekunder, 

 (2) mengurangi biaya dengan menempatkan fungsi bisnis tertentu di area yang biaya relevannya rendah.



Tingkat keterlibatan Internasional


Setelah memutuskan untuk go internasional, sebuah perusahaan harus menentukan tingkat keterlibatannya. Beberapa tingkatan yang mungkin: Sebuah perusahaan dapat bertindak sebagai eksportir atau importir, berorganisasi sebagai perusahaan internasional, atau (seperti kebanyakan perusahaan industri terbesar di dunia) beroperasi sebagai perusahaan multinasional.


perusahaan Internasional


ketika eksportir dan importir memperoleh pengalaman dan berkembang, banyak yang beralih ke tingkat keterlibatan berikutnya.Perusahaan internasionalmenjalankan sejumlah besar bisnis mereka di luar negeri dan bahkan mungkin mengelola fasilitas manufaktur di luar negeri. Perusahaan internasional mungkin besar, tetapi pada dasarnya tetap merupakan perusahaan domestik dengan operasi internasional.



Kantor Cabang


Alih-alih mengembangkan hubungan dengan agen asing atau perusahaan pemberi lisensi, sebuah firma dapat mengirim manajernya sendiri ke kantor cabang di luar negeri, di mana firma tersebut memiliki kontrol lebih langsung daripada yang dimilikinya terhadap agen atau pemegang lisensi.



Aliensi Strategis


Di sebuahaliansi strategis,perusahaan menemukan mitra di negara tempat perusahaan ingin menjalankan bisnis. Setiap pihak setuju untuk menginvestasikan sumber daya dan modal ke dalam bisnis baru atau bekerja sama dengan cara yang saling menguntungkan. Bisnis baru ini, aliansi, dimiliki oleh para mitra, yang membagi keuntungannya.


memahami lingkungan budaya


Faktor utama dalam keberhasilan—atau kegagalan—aktivitas bisnis internasional adalah memiliki pemahaman mendalam tentang lingkungan budaya dan bagaimana hal itu memengaruhi bisnis. 



perilaku karyawan lintas budaya


Para manajer dalam bisnis internasional juga harus memahami bahwa ada perbedaan dalam hal yang memotivasi orang-orang dalam budaya yang berbeda. Meskipun mustahil untuk memprediksi dengan tepat bagaimana orang-orang dari budaya yang berbeda akan bereaksi di tempat kerja, beberapa wawasan telah dikembangkan dari penelitian tentang perilaku dan sikap individu di berbagai budaya.



hambatan perdagangan Internasional


Apakah suatu bisnis benar-benar multinasional atau hanya menjual ke beberapa pasar asing, beberapa faktor akan mempengaruhi operasi internasionalnya. Keberhasilan di pasar asing akan sangat bergantung pada cara bisnis meresponskekuatan sosial dan budaya(seperti yang dijelaskan sebelumnya) danekonomi, hukumBahasa Indonesia:dan hambatan politikuntuk perdagangan internasional.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAB 14 : DISTRIBUSI DAN PROMOSI PRODUK

BAB 10 : PENGAMBILAN KEPUTUSAN

BAB 11 : MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DAN HUBUNGAN PERBURUHAN