BAB 7 : PROPOSAL KONSULTASI
Nama : Eva Meilia
NIM : 222010200075
Manajemen 5/A2
Manajemen operasi adalah arahan dan pengendalian sistematis atas aktivitas yang mengubah sumber daya menjadi barang dan jasa jadi yang menciptakan nilai dan memberikan manfaat bagi pelanggan. Melalui proses operasinya—menggunakan sumber daya yang meliputi pengetahuan, material fisik, informasi, peralatan, pelanggan, dan keterampilan manusia—perusahaan memberikan manfaat bagi diri mereka sendiri dan bagi pelanggan mereka.
Produksi atau operasi menambah nilai pelanggan dengan menyediakankegunaan—kemampuan suatu produk untuk memenuhi keinginan atau kebutuhan—dalam hal bentuk, waktu, dan tempat:
1. Formulir utilitas :Dengan mengubah bahan mentah dan keterampilan manusia menjadi barang dan jasa jadi, produksi menambah nilai pelanggan dengan menyediakan produk.
2. Utilitas waktu: Produksi memberikan nilai bagi pelanggan dengan membuat produk tersedia saat pelanggan menginginkannya.
3. Tempat utilitas: Produksi menambah nilai pelanggan dengan membuat produk tersedia di tempat yang nyaman bagi pelanggan.
Strategi Bisnis sebagai Penggerak Operasional
Terdapat beberapa perbedaan yang jelas antara operasi jasa dan operasi manufaktur. Empat aspek operasi jasa dapat membuat produksi jasa menjadi lebih rumit daripada produksi barang sederhana:
1. interaksi dengan pelanggan
2. sifat jasa yang tidak berwujud dan tidak dapat disimpan
3. kehadiran pelanggan dalam proses
4. pertimbangan kualitas jasa.
Strategi Bisnis Menentukan Kemampuan Operasional
Perusahaan yang sukses merancang operasi mereka untuk mendukung strategi bisnis perusahaan.Dengan kata lain, manajer menyesuaikan operasi produksi untuk mendukung pasar sasaran Perusahaan. Karena keempat perusahaan kami menggunakan strategi bisnis yang berbeda, Kami juga akan melihat perbedaan dalam operasi mereka.
Penjadawalan Operasional
Aspek operasi ini, yang disebut penjadwalan operasi, mengidentifikasi waktu ketika aktivitas tertentu akan terjadi. Pada bagian ini kita mempertimbangkan empat jenis jadwal umum.
1. jadwal indukadalah “rencana permainan” untuk memutuskan volume kegiatan yang akan datang pada bulan-bulan mendatang.
2. Jadwal terperinci menunjukkan kegiatan sehari-hari yang akan terjadi dalam produksi.
3. Jadwal stafmengidentifikasi siapa dan berapa banyak karyawan yang akan bekerja, dan kapan.
4. Jadwal proyek menyediakan koordinasi untuk menyelesaikan proyek skala besar.
Jadwal Operasional Utama
Penjadwalan operasi terjadi pada beberapa tingkatan. Pertama, tingkat atas jadwal operasi induk menunjukkan layanan atau produk mana yang akan diproduksi dan kapan, dalam periode waktu mendatang. Logan Aluminium, misalnya, membuat gulungan aluminium yang dipasoknya ke perusahaan pelanggan yang menggunakannya untuk membuat kaleng minuman.
Manajemen Rantai PasokanManajemen rantai pasokan (SCM)
pada rantai secara keseluruhan untuk meningkatkan aliran keseluruhan melalui sistem yang terdiri dari perusahaan yang bekerja sama. Karena pelanggan pada akhirnya mendapatkan nilai yang lebih baik, manajemen rantai pasokan memperoleh keunggulan kompetitif bagi masing-masing anggota rantai.
Rekayasa Ulang Rantai Pasokan untuk Hasil yang Lebih Baik
Proses peningkatan dan rekayasa ulang sering kali diterapkan dalam rantai pasokan untuk menurunkan biaya, mempercepat layanan, dan mengoordinasikan aliran informasi dan material. Karena aliran informasi akurat yang lebih lancar di sepanjang rantai mengurangi inventaris dan transportasi yang tidak diinginkan, menghindari penundaan, dan memangkas waktu pasokan, material bergerak lebih cepat ke pelanggan bisnis dan konsumen individu pengalihdayaan adalah strategi membayar pemasok dan distributor untuk menjalankan proses bisnis tertentu atau menyediakan bahan atau layanan yang dibutuhkan. Keputusan untuk melakukan outsourcing memperluas rantai pasokan.
Komentar
Posting Komentar